Latar Belakang STEBI AL JABAR

Sejak tahun 1990-an sampai sekarang, ekonomi syariah terus mengalami perkembangan yang signifikan. Perkembangan ini ditandai dengan tumbuh suburnya industri keuangan syariah yang meliputi tidak hanya perbankan syariah saja, tetapi mencakup; Asuransi Syariah, Pasar Modal Syariah, Pegadaian Syariah, Leasing Syariah, Modal Ventura Syariah, Reksadana Syariah, dan lembaga keuangan mikro syariah.

Tumbuh kembangnya industri keuangan syariah belum diimbangi oleh lembaga pendidikan tinggi yang secara khusus berkhidmat pada lingkup kajian ekonomi syariah. Sementara tingkat peminatan masyarakat untuk mempelajari ekonomi syariah sangat tinggi. Tingginya peminatan masyarakat mempelajari ekonomi syariah belum terkaver oleh Lembaga Pengdidikan Tinggi Umum Negeri (PTUN) maupun Lembaga Pendidikan Tinggi Agama Islam Negeri (PTAIN). Daya tampung mahasiswa yang terbatas di PTUN dan PTAIN menyebabkan keterlambatan supply bagi kebutuhan industri ekonomi dan keuangan syariah serta kebutuhan dunia industri Islamic corporate terhadap SDM yang menguasai manajemen bisnis islam ( industri Halal)

Atas dasar pemikiran tersebut, maka diperlukan perguruan tinggi baru yang dapat menampung minat masyarakat dalam mempelajari ekonomi syariah. Oleh karena itu, Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Islam(STEBI AL JABAR) hadir memberikan solusi dalam menampung minat masyarakat yang ingin mempelajari ekonomi syariah sekaligus berkontribusi nyata dalam mengembangkan ekonomi syariah di Indonesia. Secara kelembagaan, STEBI AL JABAR merupakan Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Islam pertama di Jawa Barat dan kedua di Indonesia yang secara holistik mengintegrasikan antara rumpun ilmu ekonomi dan rumpun ilmu bisnis sebagai sebuah disiplin ilmu yang integral dan tersimbolkan secara kelembagaan di Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Islam Jawa Barat.