Info Aktual

Resmi Beroperasi, Ketua Yayasan El Jabar Indonesia Terima SK Perizinan STEBI AL JABAR

Jakarta - Ketua Yayasan El Jabar Indonesia, Dr, H.A Suryaman, SE, MM. menerima SK Izin Pendirian Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Islam (STEBI) Al Jabar dari Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, Prof, Kamaruddin Amin di Hotel Mercure Jakarta. Jumat, (21/7/2017). Dalam kesempatan itu, Prof Kamaruddin berpesan, agar SK yang diberikan menjadi satu amanah, yang benar-benar dapat berkontribusi positif bagi pengembagan dan peningkatan kualitas Sumber Daya Insani, para sarjana di tanah air.

“Jika kita melihat angka partisipasi kasar tingkat partisipasi pendidikan kita, ternyata Indonesia  masih jauh tertinggal dari negar-negara tetangga di Asia Tenggara,” kata Prof Kamaruddin.

Tingkat paritisipasi pendidikan Indonesia yang saat ini sebesar 32%, tambah dia, berada di posisi ke-5 dan masih jauh tertinggal dari Thailand, Filipina Singapura dan Malaysia. “Jadi masih ada sekitar 70% anak-anak Indonesia yang tidak mengikuti pendidikan tinggi," teragnya.

Sedangkan jika kita melihat statstik tenaga kerja Indonesia, lanjutnya, sebanyak 60% adalah lulusan Pendidikan Dasar (SD-SMP), Pendidikan Dasar Meneghah 84% (SD-SMA) dan Alumni  perguruan tiggi sebesar 10%. “Jadi kita dapat membayangkan kualitas SDM kita yang mayoritas pendidikan dasar menengah jika dibandingkan dengan negara-negara maju,” paparnya.

Lebih jauh ia menjelaskan, tantangan pendidikan Indonesia adalah masih harus memberikan akses bagi anak-anak bangsa untuk memberikan kesempatan yang seluas-luasnya mengenyam pendidikan tinggi. Salah satu cara yang dapat dilakukan kata dia, adalah memberikan akses yang seluas-luasnya agar anak-anak berkesempatan mengikuti pendidikan tinggi, dengan cara membuka pendidikan tinggi yang sebanyak-banyaknya.

Namun begitu, ia mengingatkan, membuka akses saja belum cukup, tetapi harus dibarengi dengan kualitas Perguruan Tinggi yang baik, sehingga akan melahirkan sarjana-sarjana yang berdaya saing dan dapat diandalkan. (HMS)